SERANG | BD — Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana mengatakan emak-emak jago dalam memasarkan produknya.
Hal itu disampaikan Ananta saat menggelar pelatihan UMKM bersama PLN Peduli dengan tema ‘Pelatihan Teknik Pemasaran bagi Perempuan’ di Cikande, Serang, Banten, Sabtu, 13 Januari 2024.
“Soal pemasaran, Ibu-ibu, kan, sudah biasa ngerumpi, jadi jago,” kata Ananta saat memberi sambutan yang disambut gelak tawa para peserta, ibu-ibu pelaku UMKM.
Namun, lanjut Ananta, pelatihan teknik pemasaran ini digelar untuk menambah wawasan pemasaran secara digital.
“Saya sengaja kerja sama dengan PLN Peduli menggelar pelatihan agar ibu-ibu bisa lebih terampil dan mengikuti perkembangan zaman dalam Pemasaran,” ujarnya.
Dalam pelatihan tersebut, Richard Jan Medy sebagai narasumber menyampaikan, setiap pelaku UMKM perlu mengembangkan teknik pemasaran produknya.
Pasalnya, kata Richard, saat ini sudah memasuki era digitalisasi, di mana setiap kebutuhan bisa dipesan atau dibeli secara online.
“Maka, jika pelaku UMKM masih memakai cara konvensional akan kalah saing dengan kompetitor lain,” katanya.
Narasumber lainnya, Ni Made Sri Muli Asih mempercayai setiap pelaku UMKM bisa memasarkan produk secara digital. Sebab, tambah dia, pemasaran online sudah tersedia panduannya.
“Jadi, tinggal bagaimana kita, mau belajar atau tidak,” ucap Sri yang juga pelaku UMKM.
Di akhir pelatihan, Ananta memberikan bantuan pangan berupa paket sembako kepada peserta pelatihan. (Tim)