BantenBerita

PWI Kabupaten Tangerang Kampanye Plastik Ramah Lingkungan Saat Momen Idul Adha

×

PWI Kabupaten Tangerang Kampanye Plastik Ramah Lingkungan Saat Momen Idul Adha

Sebarkan artikel ini
Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Tangerang mengkampanyekan penggunaan plastik ramah lingkungan pada momen Idul Adha 1445 H, Senin, 17 Juni 2024. (Foto : Dok. PWI Kabupaten Tangerang)

TANGERANG | BD — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang mengkampanyekan penggunaan plastik ramah lingkungan pada momen Idul Adha 1445 H.

Kampanye tersebut berlangsung pada saat pembagian daging hewan kurban kepada warga di sekretariat PWI Kabupaten Tangerang, Senin, 17 Juni 2024.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sri Mulyo mengatakan, plastik ramah lingkungan sangat penting di tengah krisis lingkungan hidup yang sedang melanda saat ini, salah satunya karena dampak sampah plastik.

“Penggunaan plastik ramah lingkungan sangat baik untuk mengurangi beban lingkungan karena lebih cepat diurai oleh alam dibandingkan plastik konvensional yang membutuhkan waktu 100-500 tahun,” ujarnya.

Mulyo mengatakan, saat ini Indonesia sedang menghadapi masalah penggunaan sampah plastik, tak terkecuali di Kabupaten Tangerang. Oleh karenanya, dia berharap, pada momen Idul Adha yang banyak menggunakan kemasan plastik sebagai wadah bagi daging kurban lambat laun akan berkurang dengan beralih menggunakan kantong plastik ramah lingkungan.

“Tahun ini kami sudah memulai meski jumlahnya tidak banyak, tapi kami berharap pada tahun-tahun berikutnya bisa menggunakan kantong plastik ramah lingkungan secara penuh. Demikian pun yang kami harapkan dilakukan oleh seluruh masyarakat di Indonesia yang merayakan kurban pada saat Idul Adha,” terangnya.

Sekilas tentang Kantong Plastik Ramah Lingkungan

Saat ini, terdapat beberapa jenis plastik ramah lingkungan yang bisa digunakan, di antaranya bioplastik dengan bahan alami yang populer adalah singkong, biodegradable yakni jenis plastik yang mudah terurai terbuat dari singkong, rumput laut, kentang, hingga jamur. Kemudian oxo-biodegradable dan plastik kompos.

“Produk yang kami gunakan pada Idul Adha ini yakni plastik jenis
biodegradable merek Enviplast yang diproduksi PT Intera Lestari Polimer. Perusahaan ini pionir dalam produk polimer biodegradable dari singkong, jagung, dan pati alami lainnya di Indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada perayaan Idul Adha 1445 H, PWI Kabupaten Tangerang menyembelih satu ekor sapi dan lima ekor kambing. Hewan kurban tersebut titipan dari para mitra karib organisasi para pewarta di Kabupaten Tangerang tersebut.

“Momentum Idul Adha menjadi wahana reflektif kami sebagai pewarta, salah satunya dengan terus berikhtiar dalam karya-karya jurnalistik kami yang berpihak kepada mereka yang papa dengan menegur mereka yang kaya, sehingga terbangun harmoni dalam kehidupan kita melalui solidaritas sosial,” ujar Mohamad Romli, Sekretaris PWI Kabupaten Tangerang. (TD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *