BantenBerita

Tidak Ada Paslon Perseorangan di Pilgub Banten 2024

×

Tidak Ada Paslon Perseorangan di Pilgub Banten 2024

Sebarkan artikel ini
Aktivitas KPU Banten menunggu pendaftaran bakal pasangan calon (Paslon) perseorangan pada Pilkada Banten 2024 di Sekretariat KPU Banten, Minggu, 12 Mei 2024. (Foto : Istimewa)

SERANG | BD — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mengumumkan tidak ada pasangan calon (Paslon) perseorangan di Pilkada atau pemilihan gubernur (Pilgub) Banten tahun 2024.

Pengumuman tersebut setelah sampai batas akhir waktu pendaftaran untuk Paslon perseorangan atau melalui jalur independen, yaitu Minggu, 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB, tidak ada satu Paslon pun yang mendaftarkan diri.

“Hingga di penghujung waktu tidak ada bakal pasangan calon perseorangan
yang menyerahkan dokumen persyaratan calon perseorangan,” ujar Ketua KPU Banten Mohamad Ihsan dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin, 13 Mei 2024.

Ihsan melanjutkan, sebelumnya ada dua Paslon yang meminta akses ke Sistem Informasi Pencalonan Pasangan Calon Perseorangan (Silon) atas nama Paslon Aan Nurhandiat – Mochammad Khamim Setiawan dan H. Haris Muchtadi – Dra. Hj. Anis Herlina. Namun sampai dengan hari terakhir masa penyerahan dukungan kedua Bakal Calon tersebut tidak datang menyerahkan dukungan perseorangan ke KPU Provinsi Banten.

Masih kata Ihsan, KPU Provinsi Banten telah menyosialisasikan tata cara pemenuhan Syarat dukungan calon perseorangan kepada Stakeholder dan Instansi terkait, begitu juga Organisasi
Masyarakat, Perguruan Tinggi, dan tokoh masyarakat, serta sudah dipublikasikan melalui halaman Website dan Media Sosial KPU Provinsi Banten serta melalui media cetak, online dan radio, namun sampai berakhirnya penyerahan tidak ada masyarakat yang menyerahkan.

Sebagaimana Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 532 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemenuhan Syarat Dukungan Pasangan Calon Perseorangan dalam Pilkada 2024 dijelaskan bahwa pasangan calon perseorangan yang hendak maju dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, maka di provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap (DPT) lebih dari 6 juta sampai 12 juta jiwa harus mendapatkan dukungan paling sedikit 7,5 persen. Jumlah DPT Pemilu 2024 di Provinsi Banten tercatat 8.842.646 pemilih sehingga jumlah dukungan adalah 7,5% dari DPT Pemilu 2024. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *